Wednesday, December 28, 2011

New Distro In My EeePc



Akhirnya selesai juga konfigurasi ulang netbook yang habis di install ulang, untungnya ada koneksi yang mumpuni jadi tidak terlalu lama memakan waktu. Gara-gara cuma punya RAM 1GB jadi harus bermigrasi dari distro remix Pinguy untuk EeePc yaitu Ping-EEE ke distro linux yang sekiranya lebih sedikit memakan resource si netbook.

Setelah review ulang beberapa distro dan tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan, akhirnya pilihan jatuh ke distro BodhiLinux. Distro peranakan dari Ubuntu 10.04 ini adalah sebuah distro yang mengusung tema minimalis lagi elegant. Dia tidak menyertakan aplikasi-aplikasi yang beragam maupun unik, pengguna disuguhkan aplikasi-aplikasi yang termasuk apliaksi ringan/low resource seperti Midori sebagai web browsernya, leafpad sebagai text editornya, lxterminal sebagai terminal emulatornya dan Pcman sebagai File managernya, dia juga tidak menyediakan aplikasi-aplikasi multimedia, internet, games dan yang lainnya jika kita menginginkannya kita harus memasangnya terlebih dahulu.

Ada dua hal unik mengenai distro yang satu ini, yaitu desktop environment (DE) yang digunakan serta proses instalasi aplikasi-aplikasi baru yang lain dari distro lainnya. Untuk DE dia memilih E17 atau Enlightenment. E17 merupakan DE yang ramah resource/ringan namun tidak seperti DE ringan lainnya seperti Openbox atau LXDE, E17 mempnyai tampilan yang elegan dia juga memiliki macam-macam efek-efek built-in  yang tidak kalah dengan compiz, tentu saja penggunaan efek-efek tadi tidak akan memakan resource komputer anda karena semua efek tadi bersifat built-in dengan DE nya, ringan serta elegan.


Bagi komputer yang mempunyai resource grafik rendah, tenang saja semua efek yang disediakan oleh DE ini ramah dengan komputer seperti itu, dia bisa melakukan render efek-efek tadi  dengan memanfaatkan OpenGl(memerlukan kartu grafis) atau dengan memanfaatkan Software(tidak memerlukan kartu grafis), cocok untuk yang komputernya tidak memiliki kemampuan render 3D di linux seperti SiS672/671. Namun jika kurang puas dengan efek-efek built-in tadi kita bisa menambahkan berbagai macam efek lagi dengan dengan memadukan Enlightenment dengan compiz, tapi bukan dengan menginstall compiz tetapi dengan memasang modul baru yang bernama Ecomorph.

Untuk yang baru memakai DE ini mungkin akan sedikit kesulitan karena proses konfigurasi nya yang beda dengan DE lainnya. DE ini bisa di bilang bersifat modular, semua bagian dari DE ini mulai dari macam-macam efek, panel, widget-widget yang bisa digunakan semuanya adalah modul. Sebelum kita load modul-modul nya kita tidak akan bisa menggunakan nya, misal seperti panel kalau kita tidak load modul panel maka panel tidak akan bisa kita gunakan.

Hal unik kedua adalah cara instalasi aplikasi baru yang bisa dibilang cukup praktis, untuk memasang satu aplikasi kita hanya perlu mengunduh satu file saja tanpa harus memikirkan dependencies dari aplikasi tersebut, misal seperti Ubuntu jika kita ingin menginstall LibreOffice kita tidak bisa hanya mengunduh file libreoffice.deb saja melainkan harus mengunduh juga file lain seperti openjdk, libgnome dan lain-lain, namun untuk BodhiLinux hal itu tidak berlaku jika kita ingin menginstall LibreOffice kita cukup mengunduh satu file saja lalu menjalankan file tersebut maka LibreOffice sudah bisa kita nikmati, praktis bukan?

Distro yang enak untuk digunakan, serasa menggunakan WinXp tapi bukan karena cara instalasi aplikasi yang mudah melainkan karena ringan nya distro ini dan juga karena cepatnya respon  dalam menjalankan suatu aplikasi.
Ini screenshot distro BodhiLinux yang saya gunakan :



Sekian dulu untuk kali ini, untuk yang ingin mengetahui lebih detail tentang distro ini langsung saja datangi situsnya di http://bodhilinux.com atau bisa diihat cuplikan video berikut sebagai perkenalan mengenai distro ini.



Try it, learn it, and you'll not regret it.

0 comments:

Post a Comment