Wednesday, December 14, 2011

Wammu: Mengirim SMS Menggunakan Modem Di Linux

Masalah umum menggunakan linux selalu saja tentang hardware, kali ini datang lagi masalah yang berhubungan dengan modem. Lagi asik internetan di ubuntu pakai modem lama yaitu ZTE MF626 akhirnya terganggu karena dapet tweet temen yang katanya pesan singkatnya tidak saya balas. Bagaimana ingin membalasan pesan dia tersebut, saya saja tidak mengetahui ada pesan yang masuk, maklum lah kartu tri sedang berpindah tempat dari handphone menjadi modem. Jika menggunakan windows pasti langsung ada notifikasi jika ada pesan masuk karena ada aplikasi bawaan modem yang bisa dijalankan di windows, nah kalau di linux, masa harus berganti os hanya untuk melihat pesan singkat yang masuk?
Tapi ternyata berganti os tidak diperlukan karena di linux juga ada aplikasi untuk membaca sms yang masuk ke modem kita, selain itu dengan aplikasi ini kita juga bisa melakukan panggilan tentu saja jika modem yang kita gunakan mendukung, tapi sayang nya modem yang saya gunakan hanya mendukung pesan singkat saja.

Nama aplikasi nya adalah "Wammu", dia adalah front-end dari "Gammu". Kalau Gammu hanya berbasis teks saja dan pasti sulit untuk digunakan sedangkan Wammu sudah mempunyai tampilan.

Untuk menggunaknnya cukup mudah, berikut sedikit penjelasannya:
Jika Wammu belum ada silakan install terlebih dahulu dengan mengetikkan di terminal

sudo apt-get install wammu

Jika sudah, jalankan wammu nya dan hal yang pertama kali harus dilakukan adalah melakukan konfigurasi untuk modem yang kita gunakan. Caranya cukup mudah pilihlah menu "Wammu" -> "Phone wizard" maka konfigurasi akan berjalan, berikut contohnya:
Hanya sekedar salam saja dan bisa langsung kita lanjut ke proses berikutnya.
Pada tampilan kali ini kita diminta memilih ingin menggunakan metode apa dalam mengkonfigurasi modem kita. Kali ini saya memilih "Guided configuration".
Selanjutnya kita diminta memilih menggunkan apa modem kita terkoneksi ke komputer, disini saya memilih "USB cable", karena memang modem saya terhubung menggunkan USB.
Selanjutnya kita diminta memilih tipe handphone kita, berhubung saya tidak mengetahui maka saya memilih "I don't know".
Selanjutnya kita diminta memilih jenis koneksi nya, untuk kali ini pilih saja "AT based" karena ini merupkan pilihan yang aman karena mendukung banyak jenis handphone.
Kali ini kita tinggal lanjut saja karena tidak ada pilihan.
Selanjutnya pilih di USB mana modem kita terhubung, untuk pilihan ini kita bisa mencoba nya satu persatu. Pilih salah satu opsi lalu "Next", jika terjadi error pilihlah tombol "Back" lalu pilihlah opsi yang lain. Jika sudah tidak ada error yang muncul maka pilihan kita sudah benar lalu akan ada tampilan "Testing Connection", tunggulah beberapa saat maka akan muncul seperti gambar di bawah.
Modem sudah terdeteksi.
Langkah terakhir kita tinggal memberinya nama, lalu selesailah tahap konfigurasi dan modem anda siap digunakan.

Jika tahap diatas sudah selesai pilihlah menu "Phone" -> "Connect" untuk menyambungkan modem kita dengan aplikasi ini. Jika tidak ada kesalahan apapun sekarang kita sudah bisa mengirim dan menerima pesan dan juga dapat melakukan panggilan telepon.

Jika ingin mengumpulkan data dari modem kita ke aplikasi ini, misalnya semua sms yang masuk atau no telepon yang tersimpan di SIM, kita harus memilih menu "Retrieve -> "Message" untuk melihat semua pesan.

Sebenarnya aplikasi ini diperuntukan untuk sebuah handphone, namun jika bisa digunakan untuk modem kenapa tidak.

Sekian untuk kali ini.

2 comments: