Friday, December 9, 2011

ATI Catalyst Di Linux



Untuk mereka yang memiliki kartu grafis kubu merah a.k.a ATI seri yang manapun dan memakai sistem operasi linux mungkin sudah tidak asing lagi dengan suka duka kartu grafis ini di linux, tidak seperti si kubu hijau a.k.a nVidia yang di berikan support penuh untuk sistem operasi linux oleh pengembanggnya(sebut vendor) sehingga kita tidak susah lagi mencari cara untuk menggunakan nya di linux, cukup install driver yang ada di repo maka kartu grafis ini akan berjalan mulus tanpa kendala.

ATI yang pada masa-masa dahulu tidak mendapatkan support apapun dari pengembangnya untuk sistem operasi linux, menjadikan kartu grafis ini masuk daftar blacklist hardware untuk linux a.k.a tidak bisa dipakai di linux. Namun pada perkembangannya ATI memasuki masa-masa transisi, yaitu para pejuang open source bersatu dan membuat suatu driver untuk kartu grafis ini dan hasil nya kita bisa lihat di repo ada satu driver untuk kartu grafis ini yang bisa kita install.

Namun driver ini memiliki banyak sekali kekurangan, mungkin harap dimaklumi karena yang membuat driver ini bukan dari pihak pengembangnya, hanya orang-orang yang ingin kartu grafis ini bisa berjalan di linux dan mereka tidak memiliki source code apapun sebagai pijakan. Namun di tahun-tahun terakhir akhir nya keluar driver ATI official dari pengembangnya, namun driver ini bersifat closed source sehingga tidak bisa dikembangkan oleh komunitas. Pada versi-versi terdahulu driver ini memiliki banyak sekali masalah, selain itu perkembangan driver official ini juga sangat lambat. Hal ini membuat beberapa distro membuang driver ini dari repo mereka karena menganggap pihak ATI tidak serius memberikan dukungan untuk linux dan lebih memilih driver yang dikembangkan oleh komunitas.

Setahun terakhir sepertinya pihak ATI mulai berbenah diri, mereka mulai mengeluarkan update berkala driver untuk linux ini. walaupun belum sehebat saingannya nVidia namun sudah lebih baik dari pada masa-masa suramnya dahulu.

Pihak ATI setiap bulan nya mengeluarkan update terbaru driver ini, hal ini memberi angin segar bagi pengguna kartu grafis ini. walaupun masih ada beberapa kendala, sebut saja tidak berfungsinya driver ini setiap xorg-sever mengeluarkan versi terbaru atau tidak berfungsinya driver ini untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan menggunakan Wine(Wine Is Not Emulator).

Namun melihat dari perkembangannya sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja sampai kita para pengguna bisa menikmati kartu grafis ini secara penuh di sistem operasi linux, sekian dulu intermezzo nya sekarang kita bahas bagaimana cara menginstall driver ATI di linux kita, yang akan digunakan disini adalah driver official dari ATI sendiri atau biasa disebut dengan "AMD's proprietary driver", kalau belum punya file binari nya silakan download dulu versi terbarunya di alamat berikut http://www2.ati.com/drivers/linux/ati-driver-installer-11-11-x86.x86_64.run
file nya biasanya bernama "ati-driver-installer-11-11-x86.x86_64.run" dimana 11-11 adalah versi nya. Untuk yang menggunakan versi dibawah 11-11 lebih baik unduh dulu versi terbarunya, karena untuk yang dibawah versi 11-11 tidak bisa digunakan untuk xorg-server diatas versi 1.10 jadi akan percuma saja.
jika sudah memiliki file "ati-driver-installer-11-11-x86.x86_64.run", kita berikan dulu izin supaya file ini bisa di eksekusi/dijalankan dengan cara, buka terminal lalu ketikkan:

chmod +x ati-driver-installer-11-11-x86.x86_64.run
Lalu jika sudah cukup jalankan file yang kita unduh tadi dengan cara:
sudo ./ati-driver-installer-11-11-x86.x86_64.run
Mulailah proses instalasinya, untuk prosesnya sendiri tidak jauh beda dengan di windows.

Oke jika proses instalasinya sudah selesai lakukan tahap-tahap dibawah ini untuk membuat driver ini bekerja, tapi untuk varian Ubuntu sepertinya tidak perlu melakukan tahapan di bawah ini karena sudah otomatis teraplikasi saat tahap instalasi tadi.

Masuk ke dalam direktori /lib/modules/fglrx/build_mod/
cd /lib/modules/fglrx/build_mod/
Jalankan file make.sh yang ada di folder tersebut
sudo ./make.sh
Pindah lagi kedalam direktori /lib/modules/fglrx/
cd /lib/modules/fglrx/
Lalu jalankan file make_install.sh yang ada pada folder tadi
sudo ./make_install.sh
 Tahap terakhir
reboot
Selamat sekarang kartu grafis anda bisa digunakan 90%, kenapa cuma segitu?
karena setelah melakukan beberapa percobaan dan juga mencari beberapa referensi kartu grafis ini tetap tidak bisa berfungsi jika menjalankan suatu aplikasi dengan menggunakan WINE.
Sekian untuk kali ini.

0 comments:

Post a Comment